Selasa, 13 Desember 2011

PELATIHAN LHBS


PONTIANAK - Sekitar 52 guru SMA di lingkungan SMA Negeri 2 Pontianak mengikuti pelatihan peningkatan kualitas pendidikan. Acara ini berlanngsung  selama tiga hari, yakni 13 sampai 15 Desember  2011.


Acara ini sekaligus untuk menutup semester ganjil tahun pelajaran 2011, dimana Para peserta diberikan berbagai materi untuk meningkatkan efektifitas penggunaan internet sebagai wahana dalam proses pembelajaran dan lebih diarahkan untuk tertib administrasi pendidik terutama dalam penyusunan atau pengolahan laporan hasil belajar siswa (LHBS), “ Ujar Drs. H. Suhra Wardi,M.Si disela-sela kesibukannya mempersiapkan ujian Toefl bagi siswa-siswi SMA Negeri 2 Pontianak, yang pelaksanaan hampir bersamaan dengan kegiatan tersebut.


Kegiatan yang diadakan ini merupakan bagian dari program RSBI tahun pelajaran 2011/2012 yang difokuskan kepada sumber daya pendidikan.
Pelatihan tersebut menekankan bahwa pendidikan tak hanya memperhatikan unsur pembelajaran di dalam kelas saja tetapi turut dibangun secara sungguh-sungguh dalam pengolahan nilai.
“Mari kita buktikan di jajaran pendidikan bekerja dengan sungguh-sungguh,” ujar Ibu  E. Manurung, menggebu-gebu. “Karena tugas kita bukan hanya untuk hari ini saja, tapi untuk membangun masa depan anak. Kita tidak akan lalaikan satu hari pun dari hari-hari berharga anak-anak kita belajar.”
Dari segi manajemen, sekolah kini sedang mengembangkan berbagai model, dukungan, dan pelatihan pemberdayaan ke arah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). “Untuk mengelola MBS, salah satu kuncinya adalah school leadership, kepemimpinan kepala sekolah,” ungkap Pramono,A. “Kita berharap adanya kepala sekolah yang mampu memenej sekolah dan memfasilitasi guru sehingga mencapai tujuan dari pendidikan yang disebut oleh Undang-Undang  Sisdiknas.”*
Aku seorang Guru
Lihatlah...... keseharian Ku
Aku telah diminta menjadi aktor dan aktris
Teman, penemu barang hilang, filsafat dan Psikologi
Pengganti orang tua, penasihat,
Motivator, pengarah, penasihat
Dan pembimbing jiwa siswa-siswiku.
Meski tersedi Internet,
Grafik, rumus, pengertian, kata kerja, cerita,filsafat dan buku
Aku sebenarnya tidak memiliki apa-apa untuk diajarkan
Karena siswa-siswiku sebenarnya hanya mempunyai mereka sendiri
Untuk belajar.
Penggalan puisi ini diadaptasi dari Jhon Wayne Schlatter dalam
Chicken Soup for Teacher Soul yang mengantarkan pemahaman kita bahwa peran guru nyatanya tidaklah mudah. Tidak hanya sebagai pengajar ada sederet peran yang lainnya.
“cobalah sejenak kita renungi peran yang lainnya, Apakah sudah ada dalam kalbu kita”

1 komentar: