Meliputi tahap sebagai berikut :
- Tahap eksplorasi ( Mengamati demonstrasi, observasi fenomena sekitar, membaca buku sumber )
- Tahap eksplanasi ( Menjelaskan temuan hasil, memasangkan contoh dan bukan contoh )
- Tahap ekspansi ( Menerapkan temuan konsep lebih luas lagi )
- Tahap konfirmasi ( Mendapat penguatan dari berbagai sumber sehingga siswa tahu mana yang salah/mana yang benar, simpulan akhir )
- Tahap Evaluasi ( Mengevaluasi hasil dan proses )
EKSPLORASI
Pada fase exploration, siswa diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi, melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum dan telaah literatur.
ALTERNATIF EKSPLORASI
· Membaca tentang
· Mendengar tentang
· Berdiskusi tentang
· Mengamati model (teks/ karya)
· Mengamati demonstrasi
· Mengamati simulasi kasus
· Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
· Mencoba melakukan
· Membaca kasus (bedah kasus)
· Talk show
· Berwawancara dengan lingkungan (menggali informasi)
· observasi terhadap lingkungan
· mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
· mencoba bereksperimen
· Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
· Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
ELABORASI
Pada fase elaboration (extention), siswa menerapkan konsep dan keterampilan dalam situasi baru melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum lanjutan dan problem solving. Pada tahap akhir, evaluation, dilakukan evaluasi terhadap efektifitas fase-fase sebelumnya dan juga evaluasi terhadap pengetahuan, pemahaman konsep, atau kompetensi pebelajar melalui problem solving dalam konteks baru yang kadang-kadang mendorong pebelajar melakukan investigasi lebih lanjut. Berdasarkan tahapan-tahapan dalam metode pembelajaran bersiklus seperti dipaparkan di atas, diharapkan siswa tidak hanya mendengar keterangan guru tetapi dapat berperan aktif untuk menggali dan memperkaya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang dipelajari. Berdasarkan uraian di atas, elaborasi dapat dimplementasikan dalam pembelajaran bidang-bidang sain maupun sosial
ALTERNATIF ELABORASI
· Secara diskusi/ mandiri
· Mengidentifikasi ciri
· Menemukan konsep
· Melakukan generalisasi
· Mencari bagian-bagian
· Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
· Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
· Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
· Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
· Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
· Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model bandngan/kriteria dan mana yang lebih baik
· Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
· Mengurutkan
· Mengelompokkan
· Mengkombinasikan
· Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
· Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
· Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
ALTERNATIF KONFIRMASI
· Penyimpulan
· Memberikan balikan apa yang dikerjakan siswa
· Penjelasan mengapa salah
· Penjelasan mana yang benar dan yang salah
· Meluruskan yang salah
· Menegaskan yang benar
· Melanjutkan/ menambahkan yang kurang
· Mengangkat kasus yang salah dan yang benar - menjelaskan mengapa salah/benar
· Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
· Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
· Menjelaskan bagaimana seharusnya
· Menciptakan rubrik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar