Senin, 04 Oktober 2010

SIKLUS BELAJAR

Meliputi tahap sebagai berikut :
  1. Tahap eksplorasi  ( Mengamati demonstrasi, observasi  fenomena sekitar, membaca buku sumber )
  2. Tahap eksplanasi ( Menjelaskan temuan hasil, memasangkan contoh dan bukan contoh )
  3. Tahap ekspansi (  Menerapkan temuan konsep lebih luas lagi ) 
  4. Tahap konfirmasi ( Mendapat penguatan dari berbagai sumber sehingga siswa tahu mana yang salah/mana yang benar, simpulan akhir )
  5. Tahap Evaluasi ( Mengevaluasi hasil dan proses )




EKSPLORASI
Pada fase exploration, siswa diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi, melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum dan telaah literatur.
ALTERNATIF EKSPLORASI
·         Membaca tentang
·         Mendengar tentang
·         Berdiskusi tentang
·         Mengamati model (teks/ karya)
·         Mengamati demonstrasi
·         Mengamati simulasi kasus
·         Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
·         Mencoba melakukan
·         Membaca kasus (bedah kasus)
·         Talk show
·         Berwawancara dengan lingkungan (menggali informasi)
·         observasi terhadap lingkungan
·         mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
·         mencoba bereksperimen
·         Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
·         Bermain   (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)

ELABORASI

Pada fase elaboration (extention), siswa menerapkan konsep dan keterampilan dalam situasi baru melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum lanjutan dan problem solving. Pada tahap akhir, evaluation, dilakukan evaluasi terhadap efektifitas fase-fase sebelumnya dan juga evaluasi terhadap pengetahuan, pemahaman konsep, atau kompetensi pebelajar melalui problem solving dalam konteks baru yang kadang-kadang mendorong pebelajar melakukan investigasi lebih lanjut. Berdasarkan tahapan-tahapan dalam metode pembelajaran bersiklus seperti dipaparkan di atas, diharapkan siswa tidak hanya mendengar keterangan guru tetapi dapat berperan aktif untuk menggali dan memperkaya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang dipelajari. Berdasarkan uraian di atas, elaborasi dapat dimplementasikan dalam pembelajaran bidang-bidang sain maupun sosial
ALTERNATIF ELABORASI
·         Secara diskusi/ mandiri
·         Mengidentifikasi ciri
·         Menemukan konsep
·         Melakukan generalisasi
·         Mencari bagian-bagian
·         Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
·         Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
·         Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
·         Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
·         Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
·         Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandngan/kriteria dan mana yang lebih baik
·         Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
·         Mengurutkan
·         Mengelompokkan
·         Mengkombinasikan
·         Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
·         Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
·         Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
ALTERNATIF KONFIRMASI
·         Penyimpulan
·         Memberikan balikan apa yang dikerjakan siswa
·         Penjelasan mengapa salah
·         Penjelasan mana yang benar dan yang salah
·         Meluruskan yang salah
·         Menegaskan yang benar
·         Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
·         Mengangkat kasus yang salah dan yang benar - menjelaskan mengapa salah/benar
·         Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
·         Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
·         Menjelaskan bagaimana seharusnya
·         Menciptakan rubrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar