Senin, 04 Oktober 2010

BIMTEK ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Bimbingan teknik administrasi pembelajaran SMA Negeri 2 Pontianak secara resmi dibuka pada hari senin, 4 Oktober 2010 oleh Kepala sekolah ( Drs. H. Suhra Wardi, M.Si ). Dalam sambutannya beliau menghimbau agar para pendidik yang terlibat bersungguh-sungguh mengikutinya, karena bimtek tersebut berkaitan dengan penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri 2 Pontianak. 


Beliau juga menegaskan bahwa bimtek ini merupakan awal yang baik dan akan dijadikan agenda rutin sekolah. Bimtek ini juga merupakan embrio dari MGMP sekolah yang akan dilaksanakan rutin seminggu sekali dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang bergembang di dunia pendidikan terutama dengan penyusunan Silabus dan Rencana pembelajaran sehingga para pendidik khususnya di SMA Negeri 2 Pontianak tidak ketinggalan. Bimtek ini pelaksanaannya di bagi menjadi 3 kelompok mata  pelajaran, yaitu :
  1. Kelompok mata pelajaran IPS ( Ekonomi, Sosiologi, Geografi ), Kelompok mata pelajaran PKn  dan Pendidikan Jasmani dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa mulai pukul 14.00 s.d 16.30 wib.
  2. Kelompok mata pelajaran Bahasa ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris ), Kelompok mata pelajaran teknologi dan muatan lokal. Hari Rabu dan Jumat.
  3. Kelommpok mata pelajaran IPA ( Kimia, Fisika dan Biologi ) , Matematika dan Pendidikan Agama Hari Jumat dan Sabtu
Adapun Nara sumber yang terlibat dalam Bimtek untuk masing-masing kelompok mata pelajaran adalah para pengawas Dinas Kota Pontianak yang terdiri dari Pengawas MIFA  Dra. Salma Harnadevi, Pengawas IPS  Drs. Hazimi  dan Pengawas kelompok mata pelajaran Bahasa Drs. H. Napoli. Peran nara sumber selain melakukan pembimbingan juga sekaligus sebagai tim penelaah Silabus dan RP masing-masing kelompok mata pelajaran.
Pada Bimtek pertama tanggal 4 Oktober 2010 yaitu kelompok mata pelajaran IPS, PKn  dan Pendidikan Jasmani semua peserta bimtek hadir semua dan sangat antusias untuk menyerap materi bimtek, bahkan mereka membawa laptop masing-masing. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa tugas penyelesaian administrasi pembelajaran yang meliputi Silabus dan Rencana Pembelajaran diselesaikan selama 2 minggu.
Materi Bimtek pada pertemuan tersebut ditekankan pada bagaimana pengelolaan Administrasi pembelajaran yang cepat dan berdaya guna dengan cara pengelolaan folder-folder pembuatan administrasi pembelajaran, yaitu setiap pendidik harus memiliki folder yang berkaitan dengan penyusunan perangkat pembelajaran. Adapun contoh folder yang diinginkan sebagai berikut : 
Dengan penyusunan folder tersebut menurut Nara sumber Bp. Agus Pramono,S.Pd akan memudahkan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, karena semua materi yang diperlukan sudah tersedia. Permasalahan yang akan timbul adalah bagaimana para pendidik mengelolanya terutama dengan penguasan IT-nya, oleh sebab itu disarankan agar para peserta lebih mendalami atau belajar untuk dapat menaklukan IT karena IT sekarang bukan makhluk yang aneh atau liar, sekarang IT adalah sahabat kita, Istri atau suami kita yang baru. Jadi bagi para pendidik yang belum menguasai IT kejar.......... kejar ....... dan terus kejar sampai dapat ditaklukan menjadi makhluk yang bersahabat.
Foto Kegiatan Bimtek Kelompok pertama :
Gbr. Pengarahan oleh Kepala Sekolah, dan Nara Sumber

Gbr. Aktif and kreatif ( Bp. Kusnaeni, Bp. Edy Haryana )

Gbr. Ibu. Ayi S, Ibu Sri Haryani, Ibu Darmiati, Ibu Sri Pamuji

Gbr. Suasana Bimtek Penyempurnaan KTSP 2010
Gbr. Hj. Sri Hardjani, Ancar CP, Yuliana and Sri Hardatin
Selamat bertugas dan jangan lupa hasil Bimtek ditunggu paling lambat hari Senin, tanggal 18 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar