Selasa, 28 Agustus 2012

LKS SUBTANSI GENETIKA


Di dalam sel makhluk hidup tepatnya di dalam inti sel terdapat benda-benda yang berfungsi mengatur seluruh kegiatan metabolism tubuh. Benda-benda tersebut yang dikenal dengan nama kromosom, tampak menebal jika sel sedang mengadakan pembelahan.
Kromosom pada virus terdiri dari DNA atau RNA, sedangkan pada bakteri terdiri atas RNA saja. Kromosom pada makhluk eukariota lebih komplaks strukturnya yaitu berupa molekul DNA rangkap yang dihubungkan dengan protein kromosomal dan dibungkus oleh membran inti.

Kromosom sel-sel tubuh pada makhluk hidup jumlahnya berbeda-beda, namun selalu terdiri dari kromosom tubuh (autosom) yang umumnya disingkat A dan kromosom kelamin (gonosom) yang terdiri dari kromosom X dan Y. kromosom kelamin yang dimiliki oleh individu menentukan jenis kelamin individu yang bersangkutan. Pada kebanyakan makhluk hidup bila dalam tubuh individu terdapat kromosm XX maka individu tersebut berjenis kelamin perempuan atau betina. Sebaliknya bila dalam satu tubuh individu terdapat kromosom XY maka individu tersebut berjenis kelamin pria atau jantan. Untuk lebih lengkapnya silahkan Unduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar